Selamat malam pengunjung bang-sandi.blogspot.com yang berbahagia, malam ini bang sandi punya info buat kalian semua khususnya warga kota sampit dan sekitarnya kebetulan pas siaran kali ini liat info yang kayaknya pas banget buat di share. kalian udah pada tau nggak apa itu Prosesi Simah Laut.
Prosesi Simah Laut Ujung Pandaran 2015

emang Prosesi Simah Laut itu apa Bang ?
Simah laut itu adalah kegiatan atau prosesi yang dilakukan dan dipercaya warga setempat yang umumnya berdomisili di tepi pantai, kalau di Kotim pantai yang paling terkenal adalah Pantai Ujung Pandaran dan dilaksanakan biasanya pada bulan Oktober dan November, atau memasuki musim Angin Barat.

Upacara Simah laut itu merupakan wujud kepercayaan yang diyakini memiliki pengaruh terhadap situasi dan kondisi sosial masyarakat setempat. prosesi ini juga dianggap positif karena dilaksanakan dengan hati yang ikhlas dan lapang.

Masyarakat Nelayan Ujung Pandaran yakin dampak positif dari Ritual ini adalah bisa mendatangkan rezeki berlimpah seperti hasil ikan yang banyak serta pertanian mereka menjadi subur dan berhasiil.
 ooooowh begitu ya bang ,..
Nah kurang lebih seperti itulah dan tradisi ini rutin loh dilaksanakan setiap tahunya di pantai Ujung Pandaran kec. Teluk Sampit kab Kotim. dan untuk kegiatan Prosesi Simah Laut tahun ini akan dilaksanakan kembali ini infonya buat kalian langsung dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kab. Kotim :
Prosesi Simah Laut Ujung Pandaran 2015
Download Gambar


Nah itu tadi infonya semoga tahun ini kita bisa menyaksikan langsung ya Prosesinya.
Selamat malam..

 
Previous Post Next Post