KUNJUNGAN BERMAKNA

    Ketika adzan subuh berkumandang seraya saya bangun,kemudian saya bergegas mandi dan menunaikan sholat subuh.Pagi itu saya sangat gembira dan sekaligus di buai penasaran karena kami peserta TEQIP akan melakukan studi empiris ke JATIM PARK dan semua peserta sarapan lebih awal.Setelah semua sarapan saya dan teman-teman pergi ke Jatim Park ada yang menggunakan bus dan sebagian naik mobil berwarna merah.
        Di dalam bus saya dan teman-teman begitu menikmati perjalanan.Ada yang bernyanyi,melihat pemandangan dari jendela bus,bahkan disepanjang perjalanan ada seorang teman yang bernama Nurul Amalia merekam apa saja yang ada di kota Batu menggunakan kamera handphonenya.
        Sesampainya disana saya merasa takjub melihat pemandangan yang ada di Jatim Park.Gedung museum yang megah bergaya  Yunani yang ditambah dengan sentuhan warna putih sehingga tampak menambah keindahan bangunan itu.Kemudian saya melihat bangunan yang dibuat seperti gua-gua,yang menambah rasa penasaran saya.
        Sebelum memasuki bangunan yang dibuat seperti gua,tidak lupa untuk menambah keakraban dan sebagai dokumentasi kami peserta TEQIP berfoto bersama di anak tangga bangunan itu.Kala itu tampak semuanya  berfoto dengan wajah dan ekspresi yang hangat dan penuh keakraban.Kemudian kami masing-masing masuk menuju tempat dimana didalamnya terdapat beraneka ragam satwa.Detak kagum ketika saya berada dipintu masuk saya melihat dua patung singa berwarna putih dan duplikat buah durian yang besar bergelantungan,tidak lupa saya dan teman-teman berfoto dibawah buah durian raksasa itu,ketika berada didalam Batu Secret Zoo saya  melihat hewan Iguana dari Amerika,Brown Tufted Chapuchin (spesies primata).Owa Jawa yang mana penyebaranya di Jawa Barat,makanan dri Owa Jawa yaitu buah-buahan,daun,dan bunga, habitatnya berada di hutan hujan.Tidak hanya itu disana juga terdapat Pygmy Marmoset kera terkecil di dunia yaitu penyebaranya di Brazil.Kanguru yang berasal dari Australia,Burung Kswari,Burung Beo yang tentunya kita lihat di Indonesia,kura-kura raksasa,zebra,berbagai jenis burung.
        Di dalam Batu Secret Zoo terdapat Garden Cafe yang menyediakan makanan dan minuman,dimana pengunjung dapat menikmati menunya apabila kelelahan setelah berkeliling atau membawa makanan atau minuman sambil berkeliling melihat berbagai macam satwa.Saya bersama pak Wahyu teman satu daerah yaitu dari kota Sampit dan ibu Hudaya dari kota kendari,memasuki tempat dimana banyak terdapat berbagai jenis ikan yang ada di dalam
aquarium besar diantaranya Paintet Rock Lobster,Belut listrik,ikan Potamotrygon Leopoldi yang habitatnya berada di sungai air tawar di Amerika,dan jenis hiu yaitu Blacktip Reef Shark yang menghuni terumbu karang di Indo-Pasifik,tidak hanya ikan yang besar tetapi juga ada ikan kecil serta ikan air tawar seperti ,ikan lele,gabus yang beratnya mencapai puluhan kilo.Jika kita berada disana serasa dibawah laut karena diatur sedemikian mungkin sehingga kita merasa menyatu dengan ikan.
        Disana juga terdapat berbagai binatang yang tergolong binatang buas seperti,harimau,macan tutul,singa dan banyak lagi.Kita juga dapat menikmati pemandangan berbagai jenis ular dari king kobra sampai ular phiton serta ular lainya yang berbisa maupun tidak berbisa,baik yang berasal dari Indonesia dan daerah luar seperti Amerika,Afrika, tidak hanya aneka satwa tetapi kita juga bisa menikmati wahana permainan yang disedikan untuk anak-anak seperti komedi putar,permainan car,wahana air,serta kolam renang yang bersih.Disana juga menyediakan sepeda listrik yang bisa kita gunakan untuk berkeliling melihat apa saja yang terdapat di Batu Secret zooyang tarifnya pertiga jamnya sebesar Rp.100 ribu,dengan adanya sarana transportasi memudahkan kita untuk mengakses sesuatu,sehingga kita dapat mempelajari dari melihat apa yang terdapat di dalam sana.Ada seuatu yang unik disana saya juga dapat berfoto dengan memasukan wajah saya tetapi menggunakan patung badan dari suku yang terdapat di Irian.Tidak hanya itu saya menyaksikan langsung pemandangan melihat gajah yang sedang mandi tampak dua ekor gajah yang saling bercanda di dalam kolam,betapa mereka begitu akrab sehingga tersentuh hati saya melihatnya,saya berpikir seandainya dunia ini penuh keakraban maka dunia akan tentram.Ketika saya dan teman lainya yang berjumlah delapan orang menaiki speet boat untuk berkeliling danau dan sungguh pemandangan yang menakjubkan kami memasuki gua Aladin,yang mana seluruh perkakasnya mencerminkan gaya Timur Tengah. Sebelumnya saya dengan pak Azwar dari kota Agam Sumatra Barat berfoto di kapal Nabi Nuh, saya merasa masuk kembali pada zaman dahulu.
        Di Batu Secret Zoo juga terdapat peta disetiap tempatnya sehingga memudahkan kita untuk akses menuju jalan keluar.Pada waktu makan siang kami peserta TEQIP keluar dari area itu dengan melihat peta yang tertera atau bertanya pada pekerja yang ada disana,mereka pun melayani dengan ramah.Ketika keluar dari tempat itu saya dan teman-teman mengambil makan siang yang sudah di persiapkan oleh panitia TEQIP.Ada yang makan di bawah pohon dan juga disamping bus,serta ada yang membawa makannya di warung makan.Satu hari penuh kami berada di Batu Secret Zoo,tidak terasa sore pun tiba saya dan teman-teman harus kembali ke hotel tempat kami menginap selama pelatihan di kota Batu Malang .Banyak hal yang dapat saya pelajari setelah mengunjungi Jatim Park disana saya dapat melihat berbagai satwa dan mengetahui secara langsung adaptasi mereka sehingga  menjadi lebih bermakna.Sesampainya di rumah dikala waktu senggang saya pun bercerita dan sambil memperlihatkan foto-foto berbagai binatang yang ada disana kepada anak semata wayang saya, tentang perjalanan ibunya mengenai studi empires ke Jatim Park.Dengan nada meringis “ Mamah...Raihan juga ingin kesana mau lihat gajah.”lalu sahut saya”Iya, nanti kita ke Jatim Park”.Dalam benak saya sungguh dengan mengikuti pealatihan TEQIP ini merubah Mind Set saya yang selama ini belum bermakna.

Karangan diatas ditulis oleh : Damayanti, S.Pd.SD. (kanan difoto)

yaitu guru disalah satu SD Negeri di Kota Besi, Kalimantan Tengah Kab. Kotim kebetulan saya juga akrab berteman dengan beliau karena satu tempat kerja. karangan Narasi diatas guna memenuhi tugas mengarang Karangan Narasi TEQIP.
semoga pembaca terhibur dengan karangan beliau

Post a Comment

KOMEN YANG RELEVAN YA...

Previous Post Next Post